Follow Us

Monumen Nasional – Simbol Kebebasan, Perwujudan Kebanggaan Bangsa

Monumen Nasional – Simbol Kebebasan, Perwujudan Kebanggaan Bangsa

Jakarta, ibu kota Indonesia, pernah terkenal sebagai kota pemenang sehingga diberikan nama Jayakarta dalam bahasa Sansekerta. Belakangan dikenal sebagai Jakarta dan sekarang telah menjadi kota terkenal dan titik fokus budaya dan ekonomi Indonesia. Bahkan meski Jakarta bergerak dengan mantap menuju masa depannya, kejayaan sejarah kota ini belum dilupakan.

Menjelajahi kota yang kaya budaya

Jakarta memiliki sejumlah landmark dengan kepentingan sejarah yang akan membawa pengunjung kembali ke masa lampau. Atraksi ini termasuk Monumen Nasional yang menjulang tinggi, masjid terbesar di Asia Tenggara Masjid Istiqlal dan jembatan gantung kuno Jembatan Pasar Ayam.

Tidak mungkin Anda melewatkan Monumen Nasional saat Anda berada di Jakarta karena tingginya mencapai 422 kaki. Dari kejauhan mungkin tampak seperti obor tipis yang menyilaukan putih susu di pagi hari dan bersinar biru safir di malam hari. Bangunan masif ini terletak di Jakarta Pusat di tengah Lapangan Merdeka. Monumen Nasional merupakan kebanggaan bangsa Indonesia karena melambangkan kemerdekaan suatu bangsa.

Di bawah bimbingan Presiden pertama Indonesia Sukarno, pembangunan Monumen Nasional dimulai pada tahun 1961. Setelah 14 tahun, pada 12 Juli 1975 diresmikan. Tugu tersebut menggambarkan bentuk yang unik dari dasar hingga puncak. Sebuah platform persegi menahan alas yang dibentuk menjadi piala, badan obelisk ramping dan atasnya ditutup dengan api yang dibungkus dengan foil emas seberat 35 kilogram.

Monumen Nasional memperingati kemerdekaan Indonesia yang diperoleh dari Belanda pada 17 Agustus 1945. Monas adalah sebutan bagi penduduk setempat dengan senang hati, yang berasal dari nama Monumen Nasional. Ini adalah hiasan pada cakrawala Jakarta yang bisa dilihat dari kejauhan, sekaligus pemandangan yang meriah dan menggembirakan yang mengingatkan penduduk setempat akan perjuangan kebebasan mereka.

Namun, ada lebih banyak hal di Monumen Nasional selain bentuknya yang unik. Patung pahlawan nasional, Pangeran Diponegoro menjulang dari bagian utara bangunan. Kolam yang cukup besar ditambahkan untuk meningkatkan pesona latar belakang. Nyala api monumen dibangun seluruhnya dari perunggu dan tertanam dalam kertas emas sementara obelisk dihiasi dengan marmer Italia. Sebuah platform observasi bertengger di 115 meter, sedangkan strukturnya mencapai ketinggian lebih dari 120 meter.

Bangunan ini juga merupakan museum sejarah yang dihiasi dengan marmer untuk memamerkan sejarah kejayaan Indonesia. Dinamakan sebagai Freedom Hall, di sini Anda dapat mengamati tonggak sejarah bangsa yang berkembang ini, dengan lebih dari 40 diorama yang membentang hingga zaman prasejarah. Sorotan lain di sini adalah Aula Kontemplasi yang menampung artefak penting seperti Lambang Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan yang otentik.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Indonesia dan berharap untuk berkeliling kota Jakarta, masukkan Monumen Nasional ke dalam daftar tamasya Anda dengan menggunakan Sewa Rental Motor Perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *