Follow Us

Tips Desain Rumah untuk Ruang Kecil

Tips Desain Rumah untuk Ruang Kecil

Sebagai desainer lansekap dan interior, tantangan mendesain ruang kecil adalah kejadian sehari-hari. Ada sofa bed dan pekebun yang tidak muat melalui pintu, pemandangan bangunan tetangga yang tidak menarik, dan kebutuhan untuk memaksimalkan setiap inci persegi real estat dengan cara yang paling menarik. Untuk membantu orang yang mungkin merasa kewalahan dengan gagasan mencoba mendesain ruang kecil mereka sendiri, berikut adalah beberapa panduan umum untuk membantu Anda dalam proses mendesain seperti seorang profesional. Di sini mereka:

MAKSIMALKAN RUANG

Jangan biarkan sudut terbuang sia-sia di ruang kecil. Manfaatkan ketinggian vertikal ruangan dengan membuat lemari sedapat mungkin menjangkau hingga ke langit-langit. Pilih perabot yang dapat melayani lebih dari satu fungsi. Tempat tidur murphy adalah cara terbaik untuk membuat ruangan lebih dapat digunakan untuk berbagai fungsi – yaitu kamar tidur di malam hari dan ruang kerja kantor di siang hari. Cermin juga bisa membantu membuat ruangan terasa lebih luas. Pilihlah furnitur yang lebih sedikit dan lebih besar, daripada banyak furnitur yang lebih kecil. Sambungan harus ada antara interior dan eksterior rumah, sehingga taman tampak mengalir keluar sebagai perpanjangan alami dari ruang dalam. Penting untuk menciptakan rasa ritme dan aliran yang mulus sekaligus indah.

TIGA PERUSAHAAN

Sangat menarik bagaimana kelompok tiga objek umumnya terlihat lebih baik daripada kelompok dua atau empat. Untuk alasan apa pun, pasangan bilangan ganjil bekerja lebih baik dan lebih menonjol secara visual daripada pasangan bilangan genap. Lebih mudah untuk membuat simetri dalam pengelompokan bernomor genap, tetapi bilangan ganjil lebih dinamis dan menarik secara visual.

BIARKAN TERANG

Salah satu pengaruh mood yang paling penting dalam suatu ruang adalah pencahayaan. Penting untuk memiliki perpaduan tugas, aksen, dan pencahayaan ambien untuk membuat ruang sekaligus menarik secara visual dan berfungsi sebaik mungkin. Untuk ruang luar, cobalah untuk memadukan pencahayaan tempat lilin tegangan tinggi dan pencahayaan atas tegangan rendah yang dicampur dengan tanaman itu sendiri. Untuk di dalam ruangan, campuran pencahayaan di atas kepala dan lampu ambient yang lembut biasanya ideal.

MENGAPA RUANG PANJANG?

Ruang yang panjang dapat dipecah menjadi “ruang” terpisah untuk membantu menciptakan perasaan yang lebih nyaman dan lebih intim. Teras dan geladak dapat dengan mudah dibagi dengan menggunakan bagian ruang yang digunakan untuk satu tugas – yaitu makan, dan bagian lain untuk hal lain, yaitu tempat duduk lounge yang nyaman. Ruang tamu yang panjang mungkin memiliki area tempat duduk percakapan yang nyaman, dan area terpisah untuk meringkuk sendiri dengan buku yang bagus. Furnitur dan permadani dapat ditempatkan sedemikian rupa untuk menciptakan pemisahan ruang yang berbeda untuk perasaan beberapa ruangan di satu tempat.

SKEMA WARNA YANG BEKERJA

Biasanya membantu untuk mendesain ruangan atau ruang luar dengan satu warna dominan, bersama dengan satu warna sekunder, dan juga warna aksen ketiga. Jika ada furnitur yang sudah ada, pilih warna yang sudah ada pada pola furnitur terbesar. Untuk membuat ruangan terasa lebih besar, coba gunakan warna paling gelap di tingkat lantai (misalnya lantai kayu atau permadani) kontras dengan dinding dan furnitur berwarna terang, dengan yang paling terang di tingkat langit-langit, sama seperti bumi paling gelap di permukaan tanah dan paling terang. saat Anda melihat ke langit. Warna terang biasanya akan membuat ruangan terasa lebih luas daripada warna yang lebih gelap. Di sisi lain, warna gelap akan membuat ruangan kecil terasa nyaman – tambahkan beberapa potongan bertekstur lembut seperti beludru atau wol untuk membuatnya lebih menarik.

GABUNGKAN

Kontras adalah salah satu fitur terpenting dari desain yang baik. Bentuk persegi dan persegi panjang sering kali terlihat lebih menarik jika dipasangkan dengan satu atau dua bentuk bulat. Kontras juga dapat dibuat dengan memasangkan warna-warna kontras tinggi atau dengan menggunakan tekstur yang sangat berbeda – misalnya, bantal putih lembut di atas sofa kulit yang halus. Tanyakan gaya ruangan apa yang ada dan kemudian bawa furnitur dan dekorasi yang paling sesuai dengan gaya tersebut, tetapi jangan takut untuk memberikan beberapa sentuhan yang sedikit berbeda. Misalnya, loteng kontemporer dengan banyak logam dan garis-garis rapi mungkin terlihat lebih menarik dengan beberapa bentuk bulat lembut yang dipadukan untuk kontras.

KURANGI CLUTTER

Ruang kecil akan terasa lebih besar jika semakin sedikit kekacauan yang terlihat. Memiliki banyak lemari dan meja rias individu yang berdiri sendiri terkadang akan membuat ruang terasa lebih kecil dan lebih gado-gado. Pertimbangkan untuk memiliki lemari built-in yang ramping sebagai gantinya. Ide lainnya dengan memanfaatkan sofa biasa anda menjadi kasur tempat tidur sofa. Anda tak perlu lagi menggunakan tempat tidur yang lebar dan memakan banyak ruang. Untuk mendapatkan kasur busa serta dipan atau sofa bed yang tepat dan sesuai untuk Anda, Anda bisa membelinya di Aneka Busa tempat jual kasur busa di Pabrik sofa dipan busa temanggung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *